Tesis
Kualitas Pelayanan Terhadap Warga Miskin Pemegang Kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)di Puskesmas Kelurahan Pasar Manggis Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan
Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap warga miskin pemegang kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) di Puskesmas Kelurahan Pasar Manggis Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan Metode: Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara. Hasil dan pembahasan: Hal yang mempengaruhi kepuasan pasien antara lain: pendaftaran lancar, waktu tunggu, pelayanan cepat, ramah, sopan, keterampilan dan perawatan medis bagus, profesional, ruangan bersih dan fasilitas lengkap. Sebaliknya, hal-hal yang menjadi hambatan kepuasan pasien antara lain: karyawan pendaftaran datang terlambat, lambat, dan mengobrol sendiri, waktu tunggu lama, nada suara petugas medis tinggi, keramahan kurang, ruangan kurang luas, ruang tunggu kurang dan tidak ada pengeras suara. Kesimpulan dan saran: Kualitas pelayanan terhadap warga miskin pemegang kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) di Puskesmas Kelurahan Pasar Manggis Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan sesuai dengan teori SERVQUAL (Parasuraman dan Zeithml, 1990). Hambatannya yaitu ruangan dan fasilitas, waktu tunggu lama, jumlah SDM dan tata cara sistem rujukan. Solusinya yaitu ruangan yang lebih luas, ruang tunggu yang lebih nyaman, memberikan pengeras suara, menambah jumlah SDM. Sarannya yaitu melakukan survey hal-hal yang sudah membuat pasien puas dan yang masih kurang, melakukan perbaikan dan melengkapi ruangan dan fasilitas di rumah sakit, menambah sumber daya manusia dan melakukan evaluasi terhadap program yang sudah berjalan.
Tidak tersedia versi lain