Tesis
Analisis Kinerja Pelayanan Bus Sekolah Pada Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubngan Provinsi DKI Jakarta
Pelayanan angkutan bus sekolah merupakan program pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya kepada para pelajar SMP dan SMA berupa Angkutan Bus Sekolah secara gratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pelayanan Bus Sekolah pada Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta,dilihat dari aspek masukan dalam pelayanan bus sekolah, manfaat, dampak dan hasil kinerja pelayanan bus sekolah. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan 4 aspek yang diteliti. Sebagai alat bantu dalam pengumpulan data adalah wawancara. Hasil penelitian : 1. Masukan dalam pelayanan bus sekolah pada Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta belum sesuai dengan standar kebijakan. Sejak beroperasi 2007 hingga kini, penyelenggaraan operasional bus sekolah belum optimal. Selain rute tidak fleksibel dan terkesan kaku, waktu operasional kendaraan belum menjawab kebutuhan pelajar. 2. Hasil kinerja pelayanan bus sekolah belum mampu menjawab permasalahan transportasi bagi pelajar sekolah menengah di Jakarta karena dengan menghadirkan bus sekolah gratis yang kenyamanan, keamanan dan kemudahannya sudah diatur sedemikan rupa agar terlaksana dengan baik. 3. Manfaat yaitu,untuk menciptakan alat transportasi yang nyaman dan aman bagi pelajar, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah cukup berhasil dikarenakan fasilitas bus sekolah yang jauh lebih baik dari kendaraan umum lainnya. Belum begitu efektifnya penggunaan layanan bus sekolah karenadisebabkan masalah tata ruang kota yang semakin rumit, tidak adanya sentralisasi tata ruang menurut jenis kegiatannya menyulitkan bus sekolah untuk menentukan rute yang tepat untuk dilalui. x 4. Dampak yaitu untuk menciptakan kenyamanan bagi pelajar dalam memanfaatkan bus sekolah,bukan hanya sekedar transportasi tetapi menjadi wadah bagi pelajar untuk bersosialisasi. Serta membantu pelajar dari segi ekonomi, keamanan, kenyaman dan kemudahan dalam proses belajar di sekolahan. Saran-saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut : 1. Input yaitu bahwa Kebijakan pelayanan bus sekolah pada Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta,harus mampu mendukung pelayanan bus sekolah dengan baiksehingga pelayanan bus sekolah dapat berjalan sesuai yang diharapkan oleh para pelajar di Provinsi DKI Jakarta. 2. Manfaatbahwa yang bertugas mengelola pelayanan bus sekolah perlu penambahan dan perlu peningkatan kuantitas dan kualitas guna mendukung moda transportasi darat untuk pelajar yang memadai. 3. Dampak yang ditimbulkan yaitu bahwa koordinasi diharapkan adanya pelayanan yang lebih baik lagi dalam bus sekolah, sehingga proses perjalanan untuk kesekolah dapat berjalan lebih efektif. 4. Hasil yaitu melakukan sosialisasi program yang lebih menyesuaikan dengan subjek sasaran, yang dalam hal ini yaitu pelajar, seperti: melakukan promo program di radio-radio remaja; Ikut serta dalam acaraacara remaja, seperti pentas musik, pekan olahraga, ataupun acara sosial yang sering diadakan sekolah-sekolah.
Tidak tersedia versi lain