Tesis
Sistem Manajemen Piutang Badan Layanan Umum Kesehatan Untuk Objek Perikatan Penjaminan Korporasi Pada Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita
Rumah sakit perlu mengelola piutangnya dengan sistem administratif yang baik melalui; perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi dan pengawasan serta pengendalian dalam menetapkan kebijakan kreditnya, dengan melaksanakan sistem manajemen piutang yang baik akan mampu meminimalkan tingkat resiko tidak tertagihnya piutang dan mampu meningkatkan pendapatan usahanya dari jasa pelayanan kesehatan rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis sistem manajemen piutang rumah sakit dengan mekanisme input sarana manajemen, proses siklus piutang, outpout kinerja pelunasan dalam pengendalian piutangnya.Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan memaparkan informasi mengenai terjadinya kasus dalam suatu pelaksanaan, melalui pengamatan langsung, wawancara dengan narasumber ahli dan analisa kualitatif dengan acuan literatur dan ketentuan yang berlaku. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa belum tercapainya target pelunasan piutang,karena belum dilaksanakan sistem manajemen piutang yang baik.seperti kualitas SDM yang belum berkompeten, motivasi kerja petugas rendah karena tidak sesuai dengan insentif, kurang pemanfaatan sarana rumah sakit,perlunya penyempurnaan SPO dan uraian tugas, dan sistem metode alur kerja, belum menggunakansistem aplikasi informasi piutang yang terintegrasi (SIRS), perlunya penyempurnaan kajian draft dalam perjanjian kerjasama. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan dan pelatihan SDM, peningkatan insentif petugasnya, membuat desain SPO yang berkesinambungan di direktorat keuangan, dan penggunaan aplikasi sistem informasi piutang yang terintegrasi serta kajian draft perjanjian kerjasama.a
Tidak tersedia versi lain