Tesis
Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Biro Persidangan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasasan kerja pegawai Biro Persidangan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian adalah 65 pegawai yang diambil secara disproportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan regresi dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kepuasan kerja, karakteristik pekerjaan berpengaruh terhadap kepuasan kerja, komunikasi interpersonal dan karakteristik pekerjaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Dengan demikian, untuk meningkatkan kepuasan kerja, maka kondisi komunikasi interpersonal dan karakteristik pekerjaan harus diperbaiki. Upaya perbaikan komunikasi interpersonal hendaknya diarahkan untuk membangun keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan yang lebih baik. Sedangkan perbaikan karakteristik pekerjaan mempertimbangkan dimensi-dimensi inti karakteristik pekerjaan: variasi keterampilan, identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi, dan umpan balik. Selain itu, juga perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan melibatkan variabel lain, seperti imbalan, kepemimpinan, budaya organisasi, pengembangan karir, stres dan konflik.
Kata kunci: komunikasi interpersonal, karakteristik pekerjaan, kepuasan kerja
Tidak tersedia versi lain