Tesis
Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Puskesmas Di Kabupaten Kebumen
Penelitian ini berusaha menganalisis dan menentukan strategi-strategi yang dapat digunakan oleh puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas. Kajian mengenai pelayanan dibidang kesehatan yang diberikan puskesmas kepada masyarakat dimaksudkan untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas pelayanan puskesmas di Kabupaten Kebumen. Untuk dapat meningkatkan pelayanan puskesmas di Kabupaten Kebumen, diperlukan suatu strategi pelayanan yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan puskesmas. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Kebumen, dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, dan telaah dokumentasi. Untuk mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas, mengacu pada 10 dimensi mutu layanan kesehatan yaitu Kompetensi Teknik, Keterjangkauan atau Akses, Efektifitas, Efisiensi, Kesinambungan, Keamanan, Kenyamanan, Informasi, Ketepatan Waktu, Hubungan Antar manusia. Untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan puskesmas menggunakan analisis SWOT. Strategi peningkatan kualitas pelayanan puskesmas dirumuskan melalui analisis SWOT dengan memahami kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada dalam pelayanan puskesmas, dengan cara memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelemahan dan memperkecil ancaman dalam pelayanan puskesmas Berdasarkan Hasil kajian SWOT diperoleh hasil strategi (1) Penguatan Kapasitas Kelembagaan puskesmas dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan, (2) Melaksanakan pendidikan dan latihan bagi petugas puskesmas, (3) Mempertahankan biaya pelayanan kesehatan di puskesmas tetap murah dan terjangkau oleh masyarakat, (4) Meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, (5) Meningkatkan/menambah sarana dan prasarana penunjang pelayanan di puskesmas. Dikemukanan saran-saran sebagai berikut: (1) Pemerintah Kabupaten Kebumen agar melakukan Penguatan Kapasitas Kelembagaan puskesmas dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan, (2) Puskesmas agar melaksanakan program pendidikan dan latihan bagi petugas puskesmas yang dapat dilakukan melalui program kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, (3) Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen agar tetap mempertahankan biaya pelayanan kesehatan di puskesmas tetap murah dan terjangkau oleh masyarakat, (4) Puskesmas agar meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan lembagalembaga terkait, (5) Puskesmas agar meningkatkan/menambah sarana dan prasarana penunjang pelayanan di puskesmas agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas.
Tidak tersedia versi lain