Tesis
Strategi Pengendalian Operasional Dalam Menertibkan Pengemudi Angkutan Umum Di Stasiun Kereta Api Tanah Abang dan Palmerah Kota Administrasi Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengendalian Operasional dalam Menertibkan Pengemudi Angkutan Umum Di Stasiun Kereta Api Tanah Abang dan Palmerah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Fokus permasalahan adalah Bagaimanakah Strategi Pengendalian Operasional dalam Menertibkan Pengemudi Angkutan Umum Di Stasiun Kereta Api Tanah Abang dan Palmerah Kota Administrasi Jakarta Pusat? Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu Strategi Pengendalian Operasional dalam Menertibkan Pengemudi Angkutan Umum Di Stasiun Kereta Api Tanah Abang dan Palmerah Kota Administrasi Jakarta Pusat.. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data adalah wawancara dengan key informant, obeservasi, telaah dokumen. Hasil analisis penelitian menunjukkan : Berdasarkan hasil wawancara dengan key informant, mengenai Strategi Pengendalian Operasional dalam Menertibkan Pengemudi Angkutan Umum Di Stasiun Kereta Api Tanah Abang dan Palmerah Kota Administrasi Jakarta Pusat., ditinjau dari aspek struktur bahwa SOP yang sudah dijalankan oleh pihak aparatur terhadap pengemudi angkutan umum M03 dan kopaja S608 di stasiun kereta api Tanah Abang dan Palmerah dengan diadakan sosialisasi mengenai kebijakan berupa peraturan pemerintah yang mengatur tentang Penertiban Pengemudi Angkutan Umum, dengan maksud agar para pengemudi angkutan umum bisa tertib berlalu-lintas. Ditinjau dari aspek budaya bahwa untuk kegiatan pengawasan pengemudi angkutan umum ada beberapa faktor antara lain perilaku yang baik serta dedikasi dan disiplin yang tinggi. Ditinjau dari aspek sumber daya bahwa untuk kegiatan penertiban dan pengawasan pengemudi angkutan umum ada beberapa faktor antara lain Kemampuan dan Keterampilan teknis yang ditunjukkan dengan memiliki SIM Umum, Kebugaran fisik serta kesehatan mental jiwa dengan mengadakan test kesehatan secara rutin, memiliki niat baik dan katakter pribadi yang baik untuk bisa memberikan layanan yang baik kepada penumpangnya, diharapkan berorientasi kepada kenyamanan dan keamanan. Saran : Perlunya dilakukan Penertiban dan Pengawasan secara terus- menerus kepada pengemudi angkutan umum akan pentingnya mentaati peraturan tentang lalu lintas sehingga akan terciptanya tertib berlalu-lintas sesuai dengan hukum yang berlalu. Perlunya lebih meningkatkan penertiban dan pengawasan terhadap pengemudi angkutan umum di Stasiun Kereta Api Tanah Abang dan Palmerah. Perlunya lebih aktif lagi terhadap pelaksanaan kegiatan penertiban melalui rapat-rapat yang diadakan secara terkoordinasi maupun pada saat melakukan penertiban dan pengawasan dilapangan.
Tidak tersedia versi lain