Tesis
Analisis Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin Di Wilayah Kelurahan Kebon Sirih Kecamatan Menteng Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik (Studi Kasus Implementasi Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin di Wilayah Kelurahan Kebon Sirih Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat), Fokus Permasalahan adalah: 1. Bagaimana kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik di wilayah Kelurahan Kebon Sirih Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat dan 2. Bagaimanakah Implementasi Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin di Wilayah Kelurahan Kebon Sirih Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat ?
Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu Kinerja Pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik (Studi Kasus Implementasi Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin di Wilayah Kelurahan Kebon Sirih Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data adalah wawancara, observasi, telaah dokumen.
Hasil analisis penelitian menunjukkan : berdasarkan hasil wawancara dengan key informant, bahwa Kinerja Pegawai Kelurahan Kebon Sirih dan Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan publik dibidang pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat miskin sudah terlaksana sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, hasil kinerja yang telah dilaksanakan oleh pegawai Kelurahan Kebon Sirih dan Puskesmas sudah cukup memuaskan, walaupun dalam implementasinya banyak sekali hambatan dan kendala, karena program tersebut merupakan program baru, walaupun pada tahun-tahun sebelumnya sudah ada, tetapi nama program yang diganti dan disesuaikan dengan keinginan pimpinan.
Disarankan Perlunya upaya meningkatkan kinerja pegawai Kelurahan Kebon Sirih dan Puskesmas, dengan lebih memahami tujuan organisasi dalam memberi pelayanan publik. Perlunya pemahaman dari pegawai terhadap tujuan umum program jaminan kesehatan masyarakat miskin, yaitu untuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin, sehingga pegawai Kelurahan Kebon Sirih dan Puskesmas mampu memberi pelayanan yang lebih baik, dengan demikian kinerja yang dihasilkan akan lebih bagus dari sebelumnya.
Perlunya pemerintah memperbaiki standar yang jelas khusus untuk pelayanan program jaminan kesehatan masyarakat miskin sehingga dapat dipahami oleh masyarakat. Perlunya pegawai puskesmas dan Kelurahan Kebon Sirih meningkatkan pelayanan publik sesuai dengan standar pelayanan minimal, sehingga masyarakat terlayani semaksimal mungkin. Perlunya pemerintah (puskesmas dan keluarahan kebon sirih) setiap tahunnya menyebarkan quesioner kepada masyarakat, sebagai umpan balik dari pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, sehingga akan dapat diketahui seberapa penilaian masyarakat terhadap kinerja pegawai. Perlunya pihak puskesmas dan keluarahan kebon sirih mengevaluasi kembali hasil umpan balik dari masyarakat, guna perbaikan kinerja pegawai terhadap pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat.
Perlunya menambah sarana dan prasarana yang diperlukan oleh puskesmas dan keluarhan kebon sirih, guna meningkatkan pelayanan publik. Perlunya meningkatkan pelayanan inap rawat dan rawat jalan di puskesmas, sehingga masyarakat dapat merasakan kepuasan dari layanan yang telah diberikan oleh pegawai. Perlunya lebih meningkatkan kuantitas/jumlah pegawai untuk memberi pelayanan program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin, sehingga masyarakat miskin terlayani dengan cepat. Perlunya menambah Sumber Daya Manusia (SDM), sesuai dengan kompetensinya. Perlunya pegawai mengikuti diklat teknis guna meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.
Perlunya pimpinan memberi motivasi kepada pegawainya, sehingga pegawai merasa dihargai dan merasa diperhatikan. Perlunya pegawai meningkatkan pelayanan publik setelah mendapat dorongan/motivasi pimpinan untuk lebih bisa memberi kepuasan kepada masyarakat yang dilayani.
Perlunya pemerintah (Kelurahan Kebon Sirih dan Puskesmas), memberikan peluang yang lebih lebar kepada pegawai untuk meningkatkan karirnya. Perlunya pegawai meningkatkan kinerja dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, dengan demikian kesempatan untuk mengembangkan karir terbuka lebar, disamping itu dapat menunjukan prestasi yang lebih bagus.
Tidak tersedia versi lain