PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Peranan Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Penanggulangan Bencana Dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Rachmi Rini S - Nama Orang; Makhdum Priyatno - Nama Orang;

Kesimpulan
1. Analisis kebutuhan Diklat pada Pusdiklat Penanggulangan Bencana telah mampu meningkatkan kompetensi kebencanaan bagi peserta yang telah mengikutinya namun belum sepenuhnya mampu menampung aspirasi dari seluruh Badan Penanggulangan tingkat Provinsi/Kota di seluruh indonesia sehingga tingkat keterwakilan yang renda di tingkat nasional misalnya pengiriman personil untuk mengikuti Diklat belum merata dan menyeluruh, 2. Tujuan Diklat pada Pusdiklat Penanggulangan Bencana telah sesuai dengan tujuan akhir pencapaian kompetensi yang diharapkan oleh BNPB antara lain dengan dibuktinyakan isi atau konten dari kurikulum yang disesuaian kebutuhan dan tujuan Diklat yang mendasar, dengan kata lain tujuan mendasar dari sikap dan tanggap serta penanganan kebencanaan telah dijalankan telah termuat dengan jelas pada setiap diklat kebencanaan yang diselenggarakan 3. Pengembangan kurikulum pendidikan dan pelatihan kebencanaan telah disusun dan dilaksanakan sesuai dengan analisis tujudan dan kebutuhan diklat, namun demikian masih 99 terdapat kendala lain yaitu masalah anggaran yang seringkali tidak bisa dilaksanakan, untuk itu prosese adopsi kuriklum yang relevan dari instansi lain yang lebih fleksibel diterapkan perlu kiranya dilakukan 4. Persiapan dan penyelenggaran Diklat masih terdapat pada kompetensi pembelajaran oleh pengajar atau widyaiswara dengan pembelajaran yang monoton dan juga kendala mengenai praktek pengadaan perlatan praktek tidak disesuaikan dengan kebutuhan diklat atau narasumber/instruktur yang belum kompoten dalam pengunaaan alat-alat peraga. 5. Evaluasi pelaksanaan program diklat kebencanaan telah


Saran dilakukan melalui evaluasi program dan monitoring penyelenggaraan Diklat, sehingga mampu meningkat kualitas lulusan di masa mendatang dan kompetensi aparatur daerah dalam menanggulangi bencana. 1. Penyusunan analisis kebutuhan Diklat pada Pusdiklat Penanggulangan Bencana BNPB perlu disusun berdasarkan aspirasi dari seluruh Badan Penanggulangan tingkat Provinsi/Kota, untuk itu dalam proses penyusunannya harus melibatkan seluruh elemen atau stake holder kebencanaan, 100 mulai dari pejabat yang bertanggungjawab atas kebencanan, masyarakat rawan bencana, personil lapangan kebencanaan, BADAN SAR, Badan Pemetaan, maupun tenaga-tenaga medis dan keamanan, baik pusat maupun daerah. 2. Penentuan tujuan Diklat penanganan kebencanaan benar-benar harus memiliki standar pencapaian yang jelas dan terukur, untuk itu Pusdiklat Penanggualangan Bencana BNPB harus membut standar keberhasilan yang jelas melalui tujuan kompensi bidang (teknis)dan komptensi managerial. Langkah ini untuk memudakan tingkat lulusuan yang siap pakai apabila terjadi bencana yang tidak dapat diperkirakan kapan terjadinya. 3. Kurikulum-kurikulum pendidikan dan pelatihan kebencanaan selain disusun berdasarkan tujuan kompetensi, penulis menyarakan dasar pengganggaran yang tepat harus dibuat relevan mungkin dengan menjalin hubungan dengan instansi lain misalnya Dirjen Anggaran agar kurikulum yang dibuat dapat direalisasikan, misalnya berkenaan dengan kurikulum berbasis alat peraga dan lainnya. 4. Berdasarkan hasil wawancara dan temuan dilapangan, untuk penyelenggaran Diklat, penulis menyarankan untuk meningkatkan kompetensi fasiltator dengan melakukan sosialisasi penggunaan alat praktek peraga kebencanaan serta 101 uji sertifikasi fasilitator yang mengajar dengan alat peraga, sehingga pada saat praktek proses belajar mengajar fasiltator tersebut tidak ada kendala. 5. Berdasarkan hasil wawancara dan temuan dilapangan, untuk evaluasi pelaksanaan program diklat kebencanaan, Pusdiklat Penanggulangan Bencana BNPB melakukan evaluasi Pasca Diklat terhadap alumni-alumni Diklat tentang perkembangan penerapan hasil Diklat dan saran pengembangan Diklat.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2015) 051 T MSDA 2015
051522015
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
051 TMSDA 2015
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
13.A2.024
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2015
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rachmi Rini S
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?