Tesis
Kesiapan Staf Bagian SDM Direktorat Umum LPP TVRI dalam Penerapan Sistem Manajemen Mutu JSO 9001-2008
Menghadapi meningkatnya persaingan antar organisasi yang semakin tajam, kepesatan dan interaksi global, juga tuntutan perubahan pelayanan seperti yang ditetapkan pada Pasal 15 Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009, diperlukan suatu perbaikan sistem kerja, sistem manajemen yang konsisten. Direktorat Umum Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI) menyikapi kondisi tersebut dengan mengadopsi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dimulai pada Bagian SDM, yang dalam penerapannya kesiapan sumber daya manusia menjadi hal pokok, yaitu suatu kondisi dimana sumber daya manusia yang bersangkutan telah memenuhi standar yang ditetapkan organisasi, penelitian ini mengacu pada klausul 6 (6.1) persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008, bahwa organisasi harus menetapkan dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk menerapkan dan memelihara sistem manajemen mutu dan terus menerus memperbaiki keefektifannya, dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memenuhi persyaratan pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan kesiapan staf Bagian SDM Direktorat Umum LPP TVRI dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif–deskriptif, pengumpulan dan analisis data dilakukan melalui wawancara dengan staf SDM. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa staf Bagian SDM belum sepenuhnya siap menerapkan, memelihara, terus menerus memperbaiki keefektifan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mengacu pada sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Untuk itu semua hal dan kondisi yang berkaitan dengan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 harus diperbaiki, dilengkapi dan kembali ditata baik dari individu staf sebagai pelaksana, pimpinan, sarana dan prasarana, iklim kerja, juga dukungan organisasi.
Tidak tersedia versi lain