Tesis
Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Pada Badan Standardisasi Nasional.
Berbagai permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) masih ditemukan dalam pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sehingga permasalahan tersebut menjadi temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Tahun 2012 dan 2013. Hal tersebut menandakan lemahnya Sistem Pengendalian Intern (SPI) khususnya pada kegiatan PNBP Badan Standardisasi Nasional (BSN). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui penerapan SPI khususnya kegiatan PNBP, dilihat dari lima aspek yaitu Lingkungan Pengendalian, Penilaian Risiko, Aktivitas Pengendalian, Informasi dan Komunikasi, Pemantauan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui studi kepustakaan, wawancara kepada key informant dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan SPI PNBP pada BSN dilihat dari lima aspek adalah :
1. Lingkungan Pengendalian
Secara keseluruhan lingkungan pengendalian pada Badan Standardisasi Nasional masih kurang baik. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat pemberian tarif layanan jasa PNBP yang tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2007 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP BSN.
2. Penilaian Risiko
Penilaian risiko yang telah dilakukan oleh manajemen BSN telah cukup baik, dibuktikan dengan adanya penyusunan dokumen rencana tindak pengendalian atas risiko-risiko yang akan menghambat kelancaran proses pengelolaan PNBP.
3. Aktivitas Pengendalian
Aktivitas pengendalian yang telah dilakukan oleh manajemen BSN terkait pengelolaan PNBP masih kurang baik. Hal tersebut dikarenakan pencatatan yang belum tertib dan sistematis terhadap hasil PNBP sehingga selalu terdapat selisih antara Buku Kas Umum dengan buku layanan jasa PNBP.
4. Informasi dan Komunikasi
Informasi dan Komunikasi yang ada pada Badan Standardisasi Nasional baik internal maupun eksternal sudah cukup baik. Dari segi sistem informasi telah ada berbagai macam bentuk aplikasi sistem informasi untuk mempermudah layanan PNBP bagi stakeholder dan dalam rangka menghasilkan laporan realisasi PNBP. Komunikasi pada BSN selalu mengupdate kegiatan maupun layanan terbaru pada website, brosur, booklet dan lainnya.
5. Pemantauan
Pemantauan yang dilakukan manajemen BSN masih kurang baik. Hal tersebut dikarenakan rekonsiliasi yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali belum optimal dan tidak semua rekomendasi atas audit Inspektorat ditindaklanjuti oleh unit terkait pada BSN.
Tidak tersedia versi lain