Tesis
Strategi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Diklat Penanggulangan Bencana Pada Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dalam penerapan pembelajaran
jarak jauh (distance learning) diklat penanggulangan bencana pada Pusat
Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Badan Nasional
Penanggulangan Bencana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif, bersumber dari data wawancara, observasi dan telaah
dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu ditetapkannya suatu
sistem pembelajaran jarak jauh sehingga dapat diketahui sub sistem-sub sistem
yang saling terkait atau terintegrasi agar penyelenggaraan diklat
penanggulangan bencana dengan pembelajaran jarak jauh
(distance learning) dapat berkualitas, yaitu dengan pendekatan sistem pembelajaran jarak jauh yang
mengacu pada modifikasi sistem Distance Education Learning (DEL) yakni terdiri
dari komponen input, komponen transformasi, komponen output, komponen
feedback, dan komponen kontrol sebagai salah satu strategi yang dapat
diterapkan. Berdasarkan analisa yang diperoleh dari pengumpulan data yang
telah dilakukan maka sarannya agar Pusdikat PB memenuhi atau menyiapkan
sub sistem yang dibutuhkan dalam setiap komponen sistem tersebut, pada
komponen input dengan menetapkan sumber daya manusia yang terlibat dalam
penerapan pembelajaran jarak jauh dimaksud sebagai sub sistem terpenting
dalam menggerakkan keseluruhan sistem diantaranya melalui pelatihan bagi
tenaga pengajar dan tenaga operator, menyiapkan material yang dibutuhkan
berupa rancangan pengajaran dan menyusun pedoman, juknis atau standar
operasional sebagai panduan bagi penyelenggara, pengajar, dan peserta juga
sebagai alat kontrol bagi Pusdiklat PB atas keseluruhan sistem, selain itu, perlu
disiapkan anggaran yang dibutuhkan dan membuat media informasi yang dapat
diakses secara mudah oleh calon peserta, yang mana komponen input sebagai
unsur perencanaan pembelajaran jarak jauh tersebut perlu disosialisasikan ke
pada pihak-pihak terkait agar dapat diterima dan dipahami sebagai inovasi dalam
pembelajaran diklat penanggulangan bencana. Selanjutnya untuk komponen
trasnformasi perlu ditetapkan konten pembelajaran jarak jauh dan metode
pembelajaran untuk diklat penanggulangan bencana, dibuat instrument evaluasi
dan ditetapkannya mekanisme pendokumentasian kegiatan distance learning
yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi, selanjutnya pada komponen
output perlu dibuat peta kompetensi yang ingin dicapai oleh peserta dan perlu
dibuat instrument atau tools untuk mengukur kepuasan personil dalam
penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh serta membuat format pendataan
peserta untuk mengetahui cakupan kepesertaan yang menjadi sasaran
pembelajaran jarak jauh, selanjutnya sebagai langkah upaya perbaikan sistem
input, perlu ditetapkan mekansime feedback dan juga sebagai langkah dalam
pengajuan akreditasi diklat pennggulangan bencana maka perlu melakukan
koordinasi dan konsultasi dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) selaku
Pembina diklat bagi kementerian/lembaga.
Tidak tersedia versi lain