Tesis
Implementasi Perencanaan Strategis (Renstra) Pada DireccأO Nacional Das Cooperativas, Micro E Pequehnas Empresas (Dncpe), MCIA Timor-Leste
Perencanaan Strategis (Renstra) diartikan sebagai suatu cara untuk mengendalikan
“organisasi” secara efektif dan efesien dalam mencapai “Tujuan” dan “Sasaran” organisasi
bersangkutan. Dalam system Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), Renstra
kementrian digunakan sebagai pedoman dalam implementasi kebijakan. Pada tahap
implementasi kebijakan Renstra dijabarkan dalam beberapa program, penentuan anggaran,
dan prosedur pencapaian. Pada tahap implementasi suatu kebijakan dipengaruhi oleh
banyak faktor. Demikian halnya dengan implementasi Renstra pada Direktorat DNCPE
dalam penyusunan program, anggaran dan kegiatan pada kementrian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana gambaran faktorfaktor
yang berpengaruh dalam Implementasi Perencanaan Strategi (Renstra) pada
Direcção Nacional das Cooperativas, Micro e Pequehnas Empresas (DNCPE), Ministério
Comércio, Indústri e Ambiente (MCIA)Timor – Leste, pada tahun 2013-2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana gambaran faktorfaktor
yang berpengaruh dalam Implementasi Perencanaan Strategi (Renstra) pada
Direcção Nacional das Cooperativas, Micro e Pequehnas Empresas (DNCPE), Ministério
Comércio, Indústri e Ambiente (MCIA)Timor – Leste, pada tahun 2013-2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana gambaran faktorfaktor
yang berpengaruh dalam Implementasi Perencanaan Strategi (Renstra) pada
Direcção Nacional das Cooperativas, Micro e Pequehnas Empresas (DNCPE), Ministério
Comércio, Indústri e Ambiente (MCIA)Timor – Leste, pada tahun 2013-2014.
Hasil penelitian menunjukkan, Perencanaan Strategis Direktorat Direcção Nacional
das Cooperativas Micro e Pequehnas Empresas (DNCPE), belum diimplementasikan secara
optimal sesuai dengan dokumen rencana strategi, rencana kerja dan anggaran (RENJA)serta penjabarannya di dalam dokumen rencana strategis kementrian. Hal ini terlihat dari
beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain; komunikasi, sumber daya,
kecenderungan (sikap/disposisi) dan struktur birokrasi.
Hasil penelitian menunjukkan, Perencanaan Strategis Direktorat Direcção Nacional
das Cooperativas Micro e Pequehnas Empresas (DNCPE), belum diimplementasikan secara
optimal sesuai dengan dokumen rencana strategi, rencana kerja dan anggaran (RENJA)serta penjabarannya di dalam dokumen rencana strategis kementrian. Hal ini terlihat dari
beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain; komunikasi, sumber daya,
kecenderungan (sikap/disposisi) dan struktur birokrasi.
Hasil penelitian menunjukkan, Perencanaan Strategis Direktorat Direcção Nacional
das Cooperativas Micro e Pequehnas Empresas (DNCPE), belum diimplementasikan secara
optimal sesuai dengan dokumen rencana strategi, rencana kerja dan anggaran (RENJA)serta penjabarannya di dalam dokumen rencana strategis kementrian. Hal ini terlihat dari
beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain; komunikasi, sumber daya,
kecenderungan (sikap/disposisi) dan struktur birokrasi.
Secara umum kondisi keempat faktor tersebut perlu ditingkatkatkan lagi
kualitasnya. Komunikasi sudah berjalan dengan lancar, baik dengan direktorat, departement
di lingkungan kementerian maupun komunikasi dengan instansi di luar yang terkait.
Sumber daya seperti skill dan pengetahuan ditingkatkan serta sarana prasarana yang sangat
minim atau belum memadai untuk menjawab segala aktivitas dalam Renstra. Sikap dari
pimpinan dalam melaksanakan kegiatan perencanaan, program dan anggaran cukup respon,
walaupun masih ada pejabat yang kurang aktif dalam memonitor kegiatan perencanaan dan
penganggaran seringkali ada kendala atau ada hambatan, antara lain kegiatan yang ada
dalam Renstra seringkali tidak dapat implementasikan, bahkan kegiatan sudah dimasukan
Kerenstra, tetapi pada saat Renstra, anggaran dikeluarkan tidak sesuai. Ketersediaan
Struktur Birokrasi sangat rendah kualitasnya karena selalu ada intervensi politik pada
pengambilan kebijakan dalam implementasi Renstra. Selain itu Direktorat DNCPE perlu
menyusun SOP penyusunan program, kegiatan dan anggaran yang mudah dipahami oleh
semua staf atau pegawai khususnya di lingkungan Direktorat DNCPE untuk meningkatkan
kualitas dokumen perencanaan, program dan anggaran direktorat DNCPE.
Tidak tersedia versi lain