Tesis
Pengaruh Prinsip-Prinsip Good Governance dan Kinerja Aparatur Pemerintah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Catatan Sipil/Serviço Registo e Notariado Municipio Aileu-Timor-Leste
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Prinsip-Prinsip Good Governance dan Kinerja Aparatur Pemerintah terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Catatan Sipil Municipio Aileu - Timor Leste. Dan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan rekomendasi bagi Kantor Catatan Sipil / Serviço Registo e Notariado Municipio, demi tercapainya pelayanan publik yang maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif eksplanatori adalah suatu jenis penelitian yang sifatnya memberikan penjelasan tentang pengaruh antara variabel independen (Prinsip-Prinsip Good Governance dan Kinerja Aparatur Pemerintah) dengan variabel dependen (Kualitas Pelayanan Publik). Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 21. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling dan data yang diperoleh dari kuisioner diuji menggunakan uji validitas dan reabilitas dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment yang sebelumnya diolah menggunakan tahapan Metode Interval Berurutan (Method of Successive Interval). Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi. Sebelum melakukan analisis data untuk mencari pengaruh antara variabel yang dipakai untuk penelitian, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi : a. ) Uji Persyaratan Analisis : Uji Normalisasi Data, Uji Homogenitas b.) Pengujian Hipotesis : Uji Regresi Linier Berganda, Pengujian hipotesis t ). Berdasarkan hasil perhitungan yang dapat dilihat pada tabel 4.16, (uji t), Pengujian Hipotesis F (Uji F) dan Koefisien Determinasi (R menunjukkan Signifikansi F = 0.000. Jadi Sig F < 5 % (0.000 < 0.05), dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa secara serempak variabel X 1 , dan X 2 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. viii 2 Jadi terbukti bahwa variabel Prinsip-Prinsip Good Governance, dan Kinerja Aparatur Pemerintah berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tersebut diatas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: a. Variabel Prinsip-Prinsip Good Governance mempunyai pengaruh positif terhadap Pelayanan Publik karena dari hasil uji hipotesis t nilai signifikansinya 0,0019 sig. 0,05. b. Variabel Kinerja Aparatur Pemerintah mempunyai pengaruh positif terhadap Pelayanan Publik. Karena dari hasil uji hipotesis t nilai signifikansinya 0,009 < sig. 0,05. Variabel Prinsip-Prinsip Good Governance, dan Kinerja Aparatur Pemerintah berpengaruh secara simultan atau bersama-sama dan signifikan terhadap Pelayanan Publik karena dari hasil uji hipotesis F nilai signifikansinya 0,000 < sig. 0,05.
Tidak tersedia versi lain