Tesis
Evaluasi Pelaksanaan Program Adiwiyata Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Depok
Program Adiwiyata adalah program yang bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Program ini dimulai sejak tahun 2006, hingga saat ini sekolah yang berpartisipasi dalam program ini sebanyak 14.451 sekolah mulai tingkat dasar hingga menengah. Jumlah Penerima penghargaan Adiwiyata di tingkat kabupaten /kota sebanyak 10.545 sekolah, di tingkat provinsi sebanyak 2.505 sekolah, penghargaan tingkat nasional dari Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional senbanyak 767 sekolah dan penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden Republik Indonesia sebanyak 290 sekolah. Namun jumlah partisipasi sekolah sampai saat ini baru mencapai 5.8% dari total sekolah di seluruh Indonesia sebanyak 248.896 sekolah.
Dari hasil Evaluasi Pelaksanaan Program Adiwiyata di Kota Depok untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri, sampai saat ini baru 2 sekolah yang menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan program Adiwiyata di Kota Depok belum optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya koordinasi di antara pengelola program Adiwiyata, minimnya anggaran yang dialokasikan untuk program ini, masih kurangnya Sumber Daya Manusia yang mengelola program ini di daerah, kurangnya kemitraan dengan berbagai pihak dan yang terpenting adalah bahwa program ini belum dianggap sebagai program strategis.
Program Adiwiyata berkontribusi positif terhadap upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan yang diamanatkan oleh UU No. 32
Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Perubahan perilaku warga sekolah dalam mengelola lingkungan mulai terlihat
sejak program ini mulai dijalankan. Ke depannya jika program ini dikelola dengan baik, perilaku ramah lingkungan siswa akan meningkat, lingkungan akan lebih
baik.
Saran atau rekomendasi untuk perbaikan program ke depan adalah perlunya sinergitas koordinasi diantara para stakeholder Adiwiyata, kemitraan dengan pihak swasta dan industri, peningkatan kapasitas SDM harus lebih dimaksimalkan agar partisipasi sekolah untuk mengikuti program ini menjadi lebih banyak dan di kemudian hari perilaku ramah lingkungan ini akan menular pada lingkungannya sehingga lingkungan akan lebih baik.
Tidak tersedia versi lain