Skripsi
Implementasi Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Bagian Pengamanan Dalam Sekretariat Janderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI)
Manajemen kearsipan yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga/instansi/ organisasi untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncakan yang dimulai dari kegiatan penerimaan, pencatatan, penyimpanan, pengevaluasian sampai pemusnahan arsip. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi dan evaluasi menajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pada Bagian Pengamanan Dalam Sekretariat Jenderal DPR RI. (2) Upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pada Bagian Pengamanan Dalam Sektretariat Jenderal DPR RI. (3) Dampak dari implementasi manajemen kearsipan yang dihasilkan dari upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pada Bagian Pengamanan Dalam Sekretariat Jenderal DPR RI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuaitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedang untuk mengecek dan memeriksa data x dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada peneliti menggunakan teknik trianulasi data. Adapun analisa data dalam penelitian kualitatif dimulai sebelum di lapangan, analisis data di lapangan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang peneliti temukan adalah: (1) Implementasi manajemen yang digunakan di Bagian Pengmanan Dalam yaitu menggunakan 5 P yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian dan pengendalian. Evaluasi implementasi manajemen kearsipan di Bagian Pengamanan Dalam dilakukan dengan melihat arsip-arsip yang sudah lama apakah arsip tersebut masih digunkan lagai apa sudah tidak digunakan. (2) Upaya-upaya yang dilakukan staf Bagian Pengamanan Dalam, dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi diantaranya; menertibkan para staf untuk tertib administrasi, penataan ruangan yang tepat, memberikan pelayanan yang sesuai dengan prosedur yang ada, membantu menangani masalah-masalah yang dihadapi bagian lain sampai masalahnya tuntas. (3) Dampak dari implementasi manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi diantaranya, semakin mudah dalam mencari arsip tahun-tahun sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain