Tesis
Evaluasi Proses Inventarisasi Barang Milik Daerah Pada Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Setelah berlakunya undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah Daerah, dan peraturan pemerintah nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan aset negara/daerah, setiap daerah harus mengelola aset-asetnya dalam tertib administrasi, penegakan hukum, dan ketertiban fisik, untuk memfasilitasi pemerintah daerah dalam pengelolaan aset. Tesis ini menganalisis Evaluasi Proses Inventarisasi Barang Milik Daerah Pada Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan inventarisasi aset baik dari aspek pendataan, aspek kodefikasi/ labelling, pengelompokkan/ penggolongan barang milik daerah, aspek pembukuan/ administrasi pada tingkat Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis kualititatif. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil wawancara dengan informan yang terlibat langsung dalam inventarisasi barang milik daerah pada Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta didukung dengan hasil observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa inventarisasi barang milik daerah pada Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih belum maksimal, karena masih terdapat Barang Milik Daerah datanya belum akurat dan memiliki identitas yang baik. Saran yang dapat diberikan yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan Sumber Daya Manusia untuk menjadi Pengurus Barang disesuaikan dengan kompleksitas dan jumlah unit Barang Milik Daerah yang diurus dan melaksanakan inventarisasi sesuai dengan Peraturan yang berlaku.
Tidak tersedia versi lain