PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

  • Beranda
  • Profil
    Pustakawan Info Perpustakaan Visi dan Misi
  • Layanan
    Aktivasi Keanggotaan Bebas Pustaka Usul Koleksi Reservasi Peminjaman Koleksi Penyerahan Tugas Akhir
  • e-Resources
    Proquest IG Publishing Emerald Insight ADITYA (Koleksi e-Book)
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tesis

Efektivitas Implementasi Kebijakan Tentang Citizen Relation Management (CRM) Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kecamatan Setiabudi Kota Administrasi Jakarta Selatan

Ridwan Kurnia - Nama Orang; Makhdum Priyatno - Nama Orang;

DKI Jakarta memberlakukan konsep kota pintar pada tahun 2016 untuk
menanggulangi permasalahan menahun yang terjadi. Membuat aplikasi hingga membuka
kanal pengaduan baik secara daring maupun tatap muka. Tetapi beberapa masalah
muncul seperti: tidak tercapainya target penyelesaian pengaduan masyarakat secara
optimal; dan sejak awal pelaksanaan implementasi kebijakan tidak disertai perlindungan
hukum seperti peraturan gubernur hingga bagaimana mekanisme penanganannya.
Mengingat serbuan pengaduan masyarakat yang sangat besar tersampaikan melalui kanal
Media Sosial seperti Qlue, Twitter, Facebook dan juga laporan aduan melalui piket posko
kecamatan. Penulis memfokuskan masalah penelitian pada “Bagaimana efektivitas
implementasi kebijakan CRM dalam memberikan pelayanan publik di Kecamatan
Setiabudi Kota Administrasi Jakarta Selatan”.
Berdasarkan tinjauan pustaka, efektivitas implementasi kebijakan CRM dalam
memberikan pelayanan publik di Kecamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan
merupakan suatu upaya pengukuran keberhasilan pencapaian target Kegiatan Strategis
Daerah dalam proses implementasi kebijakan penanganan pengaduan masyarakat melalui
CRM (Citizen Relation Management). Dari konsep kunci ini dan dengan mengadaptasi
teori efektivitas implementasi kebijakan, penulis melakukan penelitian pada aspek :
standar kebijakan implementasi CRM dan pemahaman pelaksana kebijakan ; aspek
komunikasi pelaksana kebijakan ; aspek sumber daya kesiapan penganggaran dan
pelaksana ; aspek disposisi komitmen pelaksana terhadap implementasi CRM ; dan aspek
fragmentasi struktur Organisasi terhadap implementasi kebijakan CRM. penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi dan tinjauan dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi CRM (Citizen Relation
Management) di Kecamatan Setiabudi belum bisa berjalan efektif. Dari tahapantahapan/proses

implementasi kebijakan, menunjukkan bahwa masih ada proses atau
tahapan yang belum sesuai standar operasional prosedur (SOP) menurut peraturan yang
ada yaitu dalam lamanya proses penanganan aduan masih belum memenuhi dari waktu
yang telah ditetapkan Kemudian masih belum optimalnya pemenuhan sumber-sumber
daya sebagai penunjang kegiatan penyelenggaraan kebijakan.Faktor lainnya adalah
kurangnya dukungan dari dinas/instansi teknis lain yang terkait dalam penyelenggaraan
kebijakan.
Untuk lebih meningkatkan efektivitas kebijakan, disarankan untuk melakukan
delegasi, koordinasi, evaluasi, dan penataan SOP dengan membuat pemilahan
penanganan segera dan penanganan rutinitas. Mengusulkan pembuatan ketetapan
peraturan tim kerja teknis bersama Kecamatan, Kelurahan dan SKPD Teknis.


Ketersediaan
092522020092 TMPD 2020Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2020)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
092 TMPD 2020
Penerbit
Jakarta : Politeknik STIA LAN Jakarta., 2020
Deskripsi Fisik
106 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1862001078
Klasifikasi
092
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2020
MPD Tesis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ridwan Kurnia
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

You must be logged in to post a comment

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2022 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search