Skripsi
Evaluasi Penerapan GoTransit Sebagai Salah Satu Bentuk Kemudahan Pembayaran Pada PT. Kereta Commuter Indonesia
GoTransit merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan PT. Kereta Commuter Indonesia yang berkolaborasi dengan Gojek untuk meningkatkan kemudahan pembayaran tiket. Penerapan inovasi, seperti GoTransit, memerlukan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa tujuan utama inovasi tersebut tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses evaluasi penerapan GoTransit sebagai salah satu bentuk kemudahan pembayaran pada PT. Kereta Commuter Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan populasi 9 orang sebagai key informan. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan GoTransit telah cukup baik sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Bank Indonesia. Hal tersebut meliputi keamanan (sistem e-ticketing sudah tersertifikasi ISO), kesetaraan akses (tersedia nya berbagai metode pembayaran), efisiensi (cukup menggunakan smartphone, tanpa kartu fisik dan lebih murah), serta perlindungan konsumen (dikontrol oleh Bank Indonesia dan diawasi oleh OJK). Oleh karena itu memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna, serta menyimpulkan bahwa penerapan metode pembayaran GoTransit pada PT. Kereta Commuter Indonesia telah memenuhi prinsip-prinsip dasar yang di tentukan oleh Bank Indonesia.
Tidak tersedia versi lain