Skripsi
Peningkatan Kinerja Pegawai Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta
Kinerja pegawai merupakan aspek penting dalam pelayanan rumah sakit, karena hal inilah salah satu yang akan menentukan maju atau mundurnya kinerja rumah sakit, kinerja rumah sakit sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia khususnya pegawai tata usaha. Khususnya melalui peningkatan kinerja pegawai tata usaha, maka efektivitas dan produktivitas rumah sakit akan meningkat. Untuk meningkatkan kinerja tata usaha dibutuhkan kompetensi yang baik serta meningkatkan motivasi pegawai tata usaha agar terdorong untuk kerja secara optimal. Penelitian menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif yang merupakan rangkaian kegiatan atau proses menjaring informasi dari kondisi sewajarnya. Penelitian ini menggunakan konsep berpikir dari teori Lazer dan Wikstrom. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tidak terstruktur yang dilakukan kepada enam orang key informant dan telaah dokumen melalui studi kepustakaan yaitu melalui pengkajian sejumlah dokumen laporan, catatan, jurnal, buku-buku ilmiah, peraturan perundang-undangan dan berbagai bahan tertulis lainnya yang relevan dengan konsep kunci penelitian. Setelah dilakukan penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Aspek kemampuan teknis yang dimiliki pegawai ditinjau dari pengetahuan, metode/teknik serta penggunaan sarana peralatan sudah baik dan menguasai. 2. Aspek kemampuan konseptual secara umum pegawai sudah dapat melaksanakan tugas-tugas dengan baik, namun tetap harus selalu vii dilakukan peningkatan kualitas pengembangan Sumber Daya Manusia sacara kontinue . 3. Aspek kemampuan hubungan interpersonal, pegawai mampu melakukan hubungan dan kerjasama yang baik, baik dengan rekan kerja, atasan mapun pelanggan baik internal maupun eksternal.. Dari kesimpulan tersebut, dapat disarankan bahwa: 1. Aspek Kemampuan Teknis, perlunya dukungan peningkatan kemampuan pegawai yang berkesinambungan melalui pelatihan- pelatihan teknis seperti pelatihan keatata-usahaan, kursus komputer khususnya terkait dengan penginputan aplikasi yang menununjang terlaksanakannya tugas dan tanggung jawabnya. 2. Aspek kemampuan konseptual, perlu adanya perencanaan yang baik tentang penempatan formasi pegawai yang disesuaikan denagn kualifikasi atau keahlian yang disyaratkan, karena ketatausahaan dalam rumah sakit khususnya dalam pelayanan kepada pasien tentu berbeda dengan sistem tatausaha pada umumnya. 3. Aspek kemampuan hubungan interpersonal, perlunya pegawai mampu dengan cepat memberikan informasi yang yang tepat serta mampu bernegosiasi dengan pelanggan baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal.
Tidak tersedia versi lain