Tesis
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMP Kabupaten Toba Samosir
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap kinerja guru SMP Kabupaten Toba Samosir, baik secara terpisah maupun bersama-sama pada lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan paradigm positivism dan pendekatan survey, populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Guru SMP Kabupaten Toba Samosir sebanyak 801, dengan menggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 267 sampel. Kuesioner bersifat tertutup dan teknik analisis data dibantu dengan program SPSS versi 22.00 Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi untuk variabel Kompetensi Pedagogik (X1) dan Motivasi (X2) terhadap Kinerja Guru SMP (Y), yaitu Y = 3,356 + 0,387 X1 + 0,328 X2. Koefisien regresi variabel Kompetensi Pedagogik sebesar 0,387, artinya jika nilai variabel Motivasi nilainya tetap dan Kompetensi Pedagogik mengalami kenaikan 100% maka Kinerja akan mengalami kenaikan sebesar 38,7%. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja. Koefisien regresi variabel Motivasi sebesar 0,328, artinya jika nilai variabel Kompetensi Pedagogik nilainya tetap dan Motivasi mengalami kenaikan 100% maka Kinerja akan mengalami peningkatan sebesar 32,8%. Koefisien bernilai posirif artinya terjadi hubungan positif antara Motivasi dengan Kinerja. Koefisien determinasi variabel Kompetensi Pedagogik dan Motivasi terhadap Kinerja guru SMP sebesar 0,623, hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara Kompetensi Pedagogik dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SMP. Nilai R2 sebesar 0,388 sudah cukup baik. Dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa Kinerja Guru SMP Kabupaten Toba Samosir dipengaruhi oleh Kompetensi Pedagogik (X1) dan Motivasi (X2) sebesar 0,388 (39%) dan sisanya 61% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Kompetensi Pedagogik dan Motivasi baik secara parsial maupun bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. artinya semakin tinggi Kompetensi Pedagogik dan Motivasi maka Kinerja guru SMP Kabupaten Toba Samosir akan semakin meningkat. Berdasarkan kondisi yang terjadi di lapangan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerjanya guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik serta meningkatkan motivasi. Memanfaatkan media pembelajaran dan menemukan inovasi-inovasi baru dalam mengajar.
Tidak tersedia versi lain