Tesis
Pengaruh Sistem Informasi Kesehatan dan Kinerja Paramedis Terhadap Kualitas Pelayanan Keehatan Pada Puskesmas Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang Apakah ada Pengaruh Sistem Informasi Kesehatan dan Kinerja Paramedis terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Kelurahan Kampung Kecamatan Jatinegara Melayu Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu Sistem Informasi Kesehatan sebagai variabel bebas (X1) dan Kinerja Paramedis sebagai variabel bebas (X2) dan Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Kelurahan Kampung Kecamatan Jatinegara Melayu Jakarta Timur, sebagai variabel terikat (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif dan juga menggunakan metode survai. Untuk teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposif Sampling yaitu pelanggan/masyarakat yang datan ke puskesmas. Teknik pengambilan data adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kecenderungan pengaruh Sistem Informasi Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan ditunjukkan oleh persamaan regresi sederhana Y = 42,673 + 0,546X1 yang mempunyai arti bahwa setiap kenaikan 1 unit dari Sistem Informasi Kesehatan (X1) maka akan mempengaruhi kenaikan Kualitas Pelayanan (Y) sebesar b (0,546) unit. Sedangkan angka konstansta regresi a (42,673) artinya jika tidak ada perubahan persepsi nilai Sistem Informasi Kesehatan maka nilai Kualitas Pelayanan adalah sebesar 42,673. Hubungan yang posistip dan sedang antara Sistem Informasi Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi sederhana (ry.x1) sebesar 0,408. Artinya bahwa apabila nilai Sistem informasi meningkat maka akan diikuti oleh meningkatnya nilai Kualitas Pelayanan dan begitu pula sebaliknya apabila nilai Sistem Informasi menurun maka nilai Kualitas Pelayanan akan menurun juga. Kecenderungan pengaruh Kinerja Paramedis terhadap Kualitas Pelayanan ditunjukkan oleh persamaan regresi sederhana Y = 18,991 + 1,130X2 yang mempunyai arti bahwa setiap kenaikan 1 unit dari Kinerja Paramedis (X2) maka akan mempengaruhi kenaikan Kualitas Pelayanan (Y) sebesar b (1,130) unit. Sedangkan angka konstansta regresi a (18,991) artinya jika tidak ada perubahan persepsi nilai Kinerja Paramedis maka nilai Kualitas Pelayanan adalah sebesar 18,991. Hubungan yang posistip dan kuat antara Kinerja Paramedis (X2) terhadap Kualitas Pelayanan (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi sederhana (ry.x2) sebesar 0,704. Artinya bahwa apabila nilai Kinerja Paramedis meningkat maka akan diikuti oleh meningkatnya nilai Kualitas Pelayanan dan begitu pula sebaliknya apabila nilai Kinerja Paramedis menurun maka nilai Kualitas Pelayanan akan menurun juga. Pengaruh terbukti terdapat dari Sistem Informasi Kesehatan dan Kinerja Paramedis secara bersama – sama terhadap Kualitas Pelayanan Kualitas Pelayanan Pada Puskesmas Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. Pengaruh tersebut ditunjukan oleh persamaan regresi ganda yaitu Y = 12,972 + 0,220X1 + 1,029X2, dimana koefisien regresi untuk variabel Sistem Informasi = 0,220 dan variabel Kinerja Paramedis = 1,029, sehingga setiap kenaikan satu-satuan variabel Sistem Informasi (X1) dan Kinerja Paramedis (X2) maka variabel Kualitas Pelayanan meningkat menjadi 0,220 satuan dan 1,029 satuan. Kekuatan hubungan diantara keduanya bersifat positif dan berada di tingkatan kuat ditunjukan oleh koefisien korelasi ganda Ry1.2 = 0,720. Artinya bahwa apabila nilai Sistem Informasi dan Kinerja Paramedis meningkat maka akan diikuti oleh meningkatnya nilai Kualitas Pelayanan secara bersama-sama dan begitu pula sebaliknya apabila nilai Sistem Informasi dan Kinerja Paramedis secara bersama-sama menurun maka nilai Kualitas Pelayanan akan menurun juga. Disarankan : Sistem Informasi Kesehatan berupa aspek manusia, perangkat keras serta aspek perangkat lunak yang telah dicapai selama ini harus dipertahankan serta perlu ditingkatkan, maka perlu dilakukan upaya perbaikan Sumber daya manusia yang diperlukan untuk menjalankan program aplikasi Sistem Informasi Kesehatan minimal lulusan D3 atau orang yang bisa mengoperasikan komputer di bidang hardware dan software serta terciptanya kualitas pelayanan berupa pendidikan dan pelatihan yang mengacu pada kualitas aparat petugas dalam rangka mencapai pelayanannya yang optimal. Perlunya Sistem informasi yang memadai berupa aspek hardware dan Software yang mendukung untuk menjalankan program aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan serta adamya jaringan komputer Client Server yang berguna untuk memudahkan bagi penambahan atau pengurangan client serta mudah untuk mendeteksi kerusakan pada sistem Informasi Manajemen Kesehatan pada Puskesmas Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. Perlunya perbaikan kinerja paramedis yang mengacu pada kompetensi petugas yaitu berupa pengetahuan dan keahlian dalam bekerja, bertanggung jawab serta lebih cepat dan tepat, khususnya dalam mengoperasikan sistem informasi kesehatan, sehingga kelemahan-kelemahan yang ada selama ini dapat diperbaiki. Perlunya peningkatan Kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas yang dapat dipertanggungjawabkan, yaitu petugas puskesmas dalam memberi keterangan mengenai pelayanan kesehatan kepada masyarakat/pasien dapat dipertanggungjawabkan sehingga diharapkan pada puskesmas Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur dapat memberikan pelayanan yang lebih baik sesuai harapan masyarakat pada umummya yang mendambakan pelayanan prima.
Tidak tersedia versi lain