Tesis
Pengaruh Kompetensi dan Perilaku Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di Lingkungan Politeknik Negeri Jakarta
Dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan yang diterbitkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan PERMENDIKNAS Nomor 37 Tahun 2006 Tentang Pedoman Tata Kearsipan di lingkungan Departem Pendidikan Nasional, bahwa setiap Perguruan Tinggi diwajibkan harus memiliki Pusat Arsip Perguruan Tinggi (University Archive). Tuntutan tersebut Politeknik Negeri Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi harus membentuk Pusat Arsip Politeknik Negeri Jakarta yang didukung oleh sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya untuk menunjang tujuan organisasi. Dala membentuk Pusat Arsip Politeknik Negeri Jakarta sejauh mana untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pusat Arsip dalam memberi pelayanan terhadap pengguna, seperti dalam peminjaman arsip atau dokumen yang dibutuhkan oleh pengguna sudah sesuai standart yang diberlakukan atau masih sulit dalam penemuan kembali. Dengan demikian maka dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kompetensi dan Perilaku Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kompetensi dan Perilaku Pegawai baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. Dalam hal ini Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. (2) Terdapat Pengaruh Perilaku Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. (3) Terdapat Pengaruh antara Kompetensi dan Perilaku Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui survei dengan populasi 400 staf pengajar dan yang mewakili sampel dari populasi tersebut 100 staf pengajar. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan Instrumen penelitian. Hasil yang didapatkan memberikan kesimpulan bahwa: Pertama terdapat pengaruh dari Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. Pengaruh tersebut ditunjukkan oleh adanya persamaan Regresi ϔ = 64,482 + 0,204 X1 dengan demikian angka korelasi product moment sebesar 0,316 atau dengan angka determinasi yaitu Kompetensi Pegawai (X1) berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan (ϔ) sebesar 10% Kedua terdapat pengaruh dari Perilaku Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. Pengaruh tersebut ditunjukan oleh adanya persamaan Regresi ϔ = 48,943 + 0,397 X2 dengan demikian angka korelasi product moment sebesar 0,370 atau dengan angka determinasi yaitu Perilaku Pegawai (X2) berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan (ϔ) sebesar 13,7% Ketiga terdapat pengaruh dari Kompetensi Pegawai dan Perilaku Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Negeri Jakarta. Pengaruh tersebut ditunjukan oleh adanya persamaan Regresi ϔ = 46,879 + 0,305X1 + 0,118X2 dengan demikian angka korelasi product moment sebesar 0,404 atau dengan angka determinasi yaitu Perilaku Pegawai (X2) berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan (ϔ) sebesar 16,3% Sebagai hasil penelitian yang mendapat skor dominan dari variabel Kualitas Pelayanan Pusat Arsip adalah indikator Daya Tanggap (Responsiviness), variabel Kompetensi Pegawai indikator Pengetahuan dan variabel perilaku pegawai indikator Sikap. Sedangkan hasil penelitian yang mendapat skor terendah dari variabel Kualitas Pelayanan indikator Reabilitas atau Kehandalan (Realibility) dari variabel Kompetensi Pegawai indikator Motif dan variabel Perilaku Pegawai indikator norma, maka dengan demikian ketiga indikator tersebut harus lebih banyak diperbaiki karena nilainya berada pada tingkatan paling rendah. Jadi menurut kesimpulan penelitian ini apabila ada peningkatan terhadap Kompetensi maupun Perilaku pegawai maka akan meningkat pula variabel Kualitas Pelyanan Pusat Arsip di lingkungan Politeknik Neger Jakarta.
Tidak tersedia versi lain