Skripsi
Analisis Penggunaan Digital Payment Berupa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Unit Usaha Koperasi Pegawai Departemen Koperasi (KPDK) Mart (Studi Kasus Di Kementerian Koperasi Dan UKM)
Rumusan permasalahan penelitian yaitu: (1) Bagaimana penggunaan Digital Payment berupa QRIS pada unit usaha KPDK Mart? (2) Bagaimana upaya pemecahan masalah penggunaan Digital Payment berupa QRIS pada unit usaha KPDK Mart? Adapun tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui penggunaan Digital Payment berupa QRIS berdasarkan aspek efisiensi, aspek kemudahan pembayaran yang dirasakan, aspek keamanan, serta aspek penggunaan aktual pada unit usaha KPDK Mart, dan (2) Untuk mengetahui cara mengatasi masalah dalam penggunaan Digital Payment berupa QRIS pada unit usaha KPDK Mart. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengamatan terkait kejadian yang sebenarnya di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: penggunaan Digital Payment berupa QRIS pada unit usaha KPDK mart belum digunakan secara baik. Hal ini dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala yang ditemukan, seperti: nominal pembayaran yang belum akurat, lemahnya sinyal pada KPDK Mart, kurangnya kontol KPDK Mart atas konsumen dalam menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran, serta persentase pembayaran QRIS yang masih rendah dibandingkan pembayaran tunai. Rekomendasi penelitian yaitu: dapat dilakukan dengan mengganti jenis QRIS statis menjadi QRIS dinamis, kemudian menambahkan perangkat keras untuk memperkuat sinyal dalam KPDK Mart, selanjutnya memberikan promo-promo menarik untuk meningkatkan minat penggunaan QRIS, serta memberikan pelatihan bagi anggota koperasi dan konsumen lainnya yang belum bisa menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran.
Tidak tersedia versi lain