Skripsi
Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pedagang Eceran Di Kelurahan Petukaran Utara Kecamatan Pesanggrahan Kota Administrasi Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan pedagang eceran Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan telaah dokumen. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak bauran pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan pedagang eceran Kelurahan Petukangan Utara yaitu: 1. Ditinjau dari Aspek Produk/product, produk yang dijual adalah produk yang asli dari distributor tanpa merubah kemasan produk tersebut. 2. Ditinjau dari aspek Harga/price, harga yang ditawarkan sesuai dengan harga pasar. 3. Ditinjau dari aspek Promosi/promotion, pedagang eceran tidak melakukan promosi secara langsung, mereka mengandalkan media seperti iklan produk yang mereka jual di televisi untuk promosi pedagang eceran secara tidak langsung melakukan promosi. 4. Ditinjau dari aspek Tempat/Place, kebanyakan pedagang eceran memanfaatkan rumah tinggal untuk berjualan, karena lokasinya yang dekat dengan rumah penduduk, sehingga produk yang mereka jual sudah sesuai dengan kebutuhan sehari-hari penduduk yang ada di sekitar toko pedagang eceran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memberikan saran sebagai berikut: 1. Ditinjau dari aspek produk/product, pedagang eceran lebih dapat memahami mengenai produk yang mereka jual, seperti kemasan produk, masa berlaku produk / expired date yang perlu diperhatikan dan variasi produk yang mereka jual. 2. Ditinjau dari aspek Harga / Price, pedagang eceran perlu memberikan potongan harga kepada konsumen, hal ini dilakukan karena selama ini hanya ada satu jenis potongan harga saja kepada konsumen, jika konsumen membeli produk banyak pedagang eceran baru memberlakukan potongan kuantitas. Seharusnya pedagang eceran dapat memberikan potongan harga terhadap produk-produk yang lain. 3. Ditinjau dari aspek Promosi/promotion, perlu dilakukan penambahan frekuensi kegiatan promosi melalui media lainnya seperti pemasangan spanduk dan katalog harga yang lebih banyak, kegiatan pemasaran yang lebih agresif melalui penyebaran brosur. 4. Ditinjau dari aspek Tempat / Place. Kebersihan tempat berjualan pedagang eceran perlu diperhatikan, ini dimaksudkan juga untuk menciptakan kenyaman konsumen ketika membeli produk. Ruangan yang sempit dan panas juga menjadi kendala, untuk itu perlu disediakan Ac untuk membuat sejuk, penataan produk yang akan dijual juga menjadi daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian.
Tidak tersedia versi lain