Tesis
Pengaruh Pengawasan Dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2000 Terhadap Kinerja Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Pada Dinas Pengawasan Dan Penertiban Bangunan Provinsi (Daerah Khusus Ibukota) DKI Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001: 2000 terhadap Kinerja Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan pada Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan Provinsi DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah survey yaitu penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai intrumen utama dan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 150 orang, Adapun teknik sampling yang digunakan adalah proposional dan provosive sampling. Analisa data menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan (1) adanya pengaruh positif dan signifikan pengawasan terhadap kinerja pelayanan pegawai pada Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan Provinsi DKI Jakarta. Hasil ini memberikan makna bahwa semakin baik pengawasan, maka semakin tinggi kinerja pelayanan pegawai; sebaliknya semakin buruk pengawasan, maka juga semakin rendah kinerja pelayanan. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 terhadap kinerja pelayanan pegawai pada Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan Provinsi DKI Jakarta. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, maka semakin tinggi kinerja pelayanan pegawai; sebaliknya semakin buruk implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, maka semakin rendah kinerja pelayanan; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengawasan dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 secara bersama-sama terhadap kinerja pelayanan pegawai pada Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan Provinsi DKI Jakarta. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik pengawasan dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, maka semakin tinggi kinerja pelayanan pegawai; sebaliknya semakin buruk pengawasan dan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, maka semakin rendah kinerja perlayanan pegawai. Dengan hasil tersebut Kepada Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban bangunan untuk menjalankan program pengawasan dengan sungguh-sungguh dan terencana, terutama dengan lebih memperhatikan dan memprioritaskan pada aspek-aspek pengawasan yang dinilai masih kurang, yaitu: pengawasan yang mempercepat penyelesaian pekerjaan, pengawasan yang dapat mengurangi potensi pemborosan anggaran, dan pengawasan yang dapat menghemat biaya operasional kantor. dan Perlu adanya usaha untuk memperkuat komitmen pegawai dalam mengimplementasikan manajemen mutu ISO 9001:2000. Usaha penguatan dapat dilakukan dengan menerapkan secara tegas sistem reward dan punishment di kalangan pegawai. Oleh karena itu, setiap pegawai yang menunjukkan prestasi baik dalam mengimplementasikan manajemen mutu, maka harus diberikan penghargaan sewajarnya untuk terus mendorong usaha-usahanya. Sebaliknya, bagi pegawai yang perilaku atau hasil pekerjaanya tidak mampu memenuhi standar, maka harus diberikan hukuman selayaknya. Selain diterapkan sistem reward dan punishment, pegawai juga perlu diberikan pelatihan secara rutin terkait dengan bidang tugasnya dan kiat-kiat sukses dalam implementasi manajemen mutu ISO 9001:2000.
Tidak tersedia versi lain