Tesis
Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Pegawai Administrasi Terhadap Kualitas Pelayanan Akademik Pada Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui pengaruh kemampuan dan motivasi kerja pegawai administrasi terhadap Kualitas Pelayanan Akademik pada Universitas Negeri Jakarta. baik secara sendiri – sendiri maupun secara simultan (bersama-sama). Penelitian ini di lakukan di Universitas Negeri Jakarta yang berkantor pusat di Jl. Rawamangun Muka Jakarta Timur 13200. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik statistic inferensial dengan bantuan Program SPSS 17 ( Statistical Package for the Social Sciences) Penelitian bersifat assosiatif dan menggunakan metode survey yang bersifat deskriptif analitis, dengan sampel 75 orang pegawai administrasi pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan kajian perpustakaan, sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis regresi, korelasi dan koefisien determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1 )Data hasil rata-rata skor variabel kemampuan 64,9333 , modus dan median 55.00 dan 65.000 di bawah nilai tengah skor teoritis dengan persamaan regresi (Y=-21,747+1,315X1) hasil analisis regresi t hitung (42,653) > t tabel (1,645) hasil korelasi nilai r hitung > r tabel (0,981>0,227), hasil menunjukkan kemampuan pegawai masih rendah, terdapat hubungan positif yang kuat antara kemampuan (X1) dengan kualitas pelayanan akademik (Y).Pengaruh variabel Kemampuan terhadap Y sangat besar = 96,1 %. (2) Data rata-rata (mean) skor variabel Motivasi Kerja 65.3333, nilai median dan modus (69 dan 66) , Nilai simpangan bakunya sebesar 13.25563, sedangkan skor terendah dan tertingginya sebesar 37 dan 105. Persamaan regresi Y=-13,618+1,182X2, analisis regresi t hitung (59,56)> t tabel (1,645), hasil analisis korelasi nilai r hitung (0,990) > r tabel (0,227) analisis menunjukkan Motivasi Pegawai Cukup, terdapat determinasi sebesar 0,980) terdapat hubungan positif yang kuat antara motivasi kerja (X2) dengan kualitas pelayanan (Y) kontribusi sebesar 98% selebihnya dari variabel yang lain. (3)Besarnya pengaruh secara simultan antara kemampuan dan motivasi kerja pegawai administrasi terhadap kualitas pelayanan akademik sangat besar ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi dari keduanya yaitu Y=-16,221 +0,331X1 +0,893X2, hasil analisis regresi F hitung (1975,070)> dari F tabel (3,15) dan hasil analisis korelasi r hitung (0,991)> r tabel (0,227) ini menunjukkan hubungan yang positif yang kuat dan signifikan . Sedangkan nilai koefisien determinasi variabel secara bersama sama sebesar 98,2%, Dengan demikian kemampuan pegawai yang masih rendah ditunjang dengan motivasi yang hanya cukup belum dapat menghasilkan kualitas pelayanan yang terbaik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan agar pimpinan UNJ dalam perencanaan pengembangan SDM dapat meningkatkan kemampuan pegawai melalui Diklat Teknis dan meletakkan pegawai sesuai dengan keahliannya. Harus ada keinginan pada semua orang yang ada pada UNJ untuk merubah mainset yang selama ini sudah salah. Kearah perubahan yang lebih baik lagi.
Tidak tersedia versi lain