Tesis
Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Pelayanan Sistem Informasi Akademik Di Unit Pelayanan Teknis Pusat Komputer Universitas Negeri Jakarta
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menguji pengaruh variabel Kompetensi terhadap pelayanan Sistem Informasi Akademik di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta (2) Menguji pengaruh Variabel Budaya Organisasi terhadap pelayanan Sistem Informasi Akademik di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta. (3) Menguji pengaruh Kompetensi dan Budaya Organisasi terhadap pelayanan Sistem Informasi Akademik di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Jakarta. dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang beasal dari dosen, mahasiswa dan karyawan subbagian akademik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam . Untuk menguji ada tidaknya pengaruh Kompetensi Pegawai (X1) dan Budaya Organisasi (X2), baik secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama, terhadap Pelayanan Sistem Informasi Akademik di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta. (Y), maka digunakan analisis regresi, korelasi, dan koefisien determinasi.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi terhadap pelayanan Sistem Informasi Akademik. di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta. Pengaruh ini berarti bahwa semakin baik kompetensi karyawan, maka pelayanannya juga akan semakin baik pula. Hal ini dibuktikan oleh nilai nilai t hitung regresinya yang sebesar 12,428 dan nilai koefisien korelasi kedua variabel ini yang besarnya 1,160, dengan model regresinya Y = 11,705 + 1,160X1. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi terhadap pelayanan Sistem Informasi Akademik. di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta. Pengaruh ini berarti bahwa semakin baik penerapan budaya organisasi , maka pelayanannya juga akan semakin baik pula. Hal ini dibuktikan oleh nilai nilai t hitung regresinya yang sebesar 18,796 dan nilai koefisien korelasi kedua variabel ini yang besarnya 2.380, dengan model regresinya Y = 1,513 + 2,830X2. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi karyawan dan budaya organisasi (secara bersama-sama) terhadap pelayanan Sistem Informasi Akademik. di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta. Pengaruh ini berarti bahwa semakin baik kompetensi dan diikuti dengan semakin baiknya penerapan budaya organisasi di lingkungan organisasi UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta, maka akan semakin baik pula pelayanan siakad di UPT Puskom Universitas Negeri Jakarta tersebut. Hal ini dibuktikan oleh nilai F hitung regresinya yang sebesar 181,691 dan nilai koefisien korelasi kedua variabel ini yang besarnya 176,930, dengan model regresinya
Y = -0,797 + 0,129X1+2,181x2.
Adapun saran yang dapat dilakukan adalah : (1) Membangun sistem sumber daya manusia dengan basis kompetensi dalam Sistem informasi akademik,meliputi pengetahuan sistem online,jaringan,dan banwitch; kemampuan menginput biodata mahasiswa, ketrampilan memproses kartu rencana studi, kartu hasil studi, daftar hasil studi dan sikap selalu bekerja berbasis on line. (2) Memperbaiki budaya organisasi menjadi suatu keunggulan dengan selalu menggunakan komputer dalam bekerja dan online untuk setiap saat (3) Meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan kemampuan responsiveness (daya tanggap) karyawan terhadap keluhan stageholders.
Tidak tersedia versi lain