Tesis
Analisis Kompetensi Guru Ensino Secundario Publico (ESP) Timor-Leste (Studi Kasus Di ESP de Setembro-Unamet Dili Timor-Leste) 2009/2010
Ensino Secundário Publico 4 de Setembro Unamet Dili adalah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang ada di Kota Dili yang berperan sebagai lembaga pendidikan formal dalam memberikan proses edukasi, sosialisasi dan sebagai wadah dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru Ensino Secundário Público di ESP 4 de Setembro Unamet Dili Subdistrito de Vera-cruz, Distrito de Dili tahun pelajaran 2009/1010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini digunakan karena penelitian ini berusaha untuk memperoleh pandangan baru tentang gejala-gejala atau untuk mendapatkan gambaran ciri-ciri individu atau sekelompok tentang peranan kompetensi guru ESP di Timor Leste, maka sebagai lokus penelitian dilakukan di ESP 4 de Setembro Unamet Dili Timor Leste pada tahun 2010. Subyek penelitian adalah pelaku yang diteliti yaitu 80 orang guru ESP 4 de Setembro Unamet Dili. Sumber data dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Data tentang kompetensi Guru yang terdiri dari kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan kompetensi sosial guru diambil dengan metode angket tertutup. Data tentang kompetensi guru ESP dari sisi atasan dan guru ESP 4 de Setembro Unamet Dili. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik skoran yang diubah ke dalam bentuk kategori. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: A. Kompetensi Pedagogik, Berdasarkan Pada hasil penelitian responden menyatakan bahwa kemampuan guru tentang aspek penguasaan potensi peserta didik, menata latar belakang, dan melaksanakan, pengembangan peserta didik, kemampuan pengembangan kurikulum dan evaluasi pembelajaran responden menyatakan selalu atau di persentasekan dari 76 – 80% maka dapat dikatakan “baik” dan kadang-kadang dapat dipersentasekan menjadi 56 – 72% adalah “Cukup Baik” dalam melakukan pemilihan bahan pembelajaran sesuai dengan tujuan. B. Kompetensi Profesional, Berdasarkan hasil penelitian pada responden menyatakan bahwa kompetensi profesional guru terhadap penguasaan materi pengajaran, mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi dan peningkatan kualitas pembelajaran melalui tindakan kelas, dimana responden menyatakan selalu atau dapat di persentasekan menjadi 76 – 79% melakukan pemilihan bahan pembelajaran sesuai iii dengan tujuan, artinya, guru ESP 4 de Setembro Unamet Dili selalu melakukan penguasaan keilmuan bidang studi dan metodologi keilmuan dalam pengelolaan program belajar mengajar Sedangkan pada kemampuan penguasaan metode pengajaran, kemampuan mengunakan buku sumber, kemampuan guru untuk merangcang peserta didik untuk berpikir,pengelolaan kelas, media, interaksi belajar, penilaian prestasi siswa, mengenal penyelenggaraan administrasi sekolah jawaban responden antara selalu ( 76- 79%) dan kadang-kadang (56-62%). C. Kompetensi Kepribadian, para responden menyatakan bahwa para guru selalu,(baik) dapat dipersentasekan ”76%-93%, artinya guru selalu memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, Kemampuan guru dalam mentaati peraturan Sekolah & Peraturan-peraturan Kepegawaian RDTL, memberikan penilaian/evaluasi untuk tiap-tiap satuan pokok bahasan & kemampuan menyusun buku penilaian siswa, sebagai panuntan bagi anak didik & masyarakat, berperilaku sopan dan santun terhadap sesama, namun kemampuan memamfaatkan perpustakanan sebagai sumber informasi dalam proses pembelajaran, bersikap dan bertindak secara Konsisten terhadap keputusan yang diambil, dimana responden menyatakan “kadang-kadang” /cukup dapat dipersentasekan ” 56%-71%, artinya guru cukup melakukan pemilihan pengembangan kepribadian serta berinteraksi dengan teman sejawat guna meningkatkan kemampuan dan wawasan dalam menjalankan misi pendidikian, D. Kompetensi Sosial, para responden menyatakan bahwa kompetensi sosial guru tentang Kemampuan dalam menegur dan menasehati serta memotivasi peserta didik dan tindakannya para responden menyatakan “ Selalu” (76%) sedangkan kemampuan guru berinteraksi dan berkomunikasi, dimana responden menyatakan “Kadang-kadang” (56-65%), berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang tua siswa dan teman sejawat guna meningkatkan kemampuan dan wawasan dalam menjalankan misi pendidikian. Dari hasil penelitian diatas, maka dapat disusun beberapa pertimbangan sebagai saran berikut:(a) Menyarangkan pada guru ESP 4 de Setembro Unamet Dili bahwa dalam pengelolaan pembelajaran sekolah tidak hanya dibebankan kepada guru saja melainkan menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen sekolah,(b) Menyarankan kepada para guru hendaknya selalu melakukan evaluasi dan introspeksi diri terhadap kemampuan profesi yang dimiliki untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam kegiatan belajar mengajar,(c) Menyarangkan kepada para guru agar dapat menjalin hubungan/interaksi aktif antara guru dengan siswa sehingga transformasi materi merupakan keberhasilan pihak-pihak yang terlibat dalam pengajaran. Hal ini dimaksudkan agar guru dan siswa saling berlomba-lomba memenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi, (d) Menyarankan kepada pemerintahan Timor Leste (Kementeria Pendidikan dan Kebudayaan) agar menetapkan UU tentang keprofesionalan Guru, kurikulum nasional pendidikan bagi Ensino Secundario dan memperhatikan kesejahteraan guru Timor Leste, karena dengan kehidupan yang layak, maka guru dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik, sebab guru merupakan agen dari pemgembangan sumber daya manusia merupakan prioritas utama guna untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan dapat menunjang pelaksanaan pembangunan nasional di bidang pendidikan,(e) Menyarankan kepada kepala sekolah dan para pendidik di sekolah agar berupaya keras dengan kemampuan yang dimilikinya agar dapat memberikan bekal pengetahuan kepada anak didiknya sesuai dengan metode pengajaran nasional sehingga dapat mengembangkan kemampuan anak didiknya sesuai dengan harapan masyarakat dan bangsa.
Tidak tersedia versi lain