PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

Online Public Access Catalogue (OPAC)

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita

MUHAMMAD YUSUF - Nama Orang; Seno Hartono - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan dilihat dari dimensi bukti nyata (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty) terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Sampel dalam penelitian ini adalah enam puluh orang pasien rawat inap yang dipilih berdasar purposive sampling. Data yang didapat kemudian diolah dan dianalisis secara kuantitatif dengan program SPSS 20. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, regresi linear, kemudian pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil keluaran olahan data tersebut kemudian diinterpretasikan secara kualitatif untuk memberikan penjelasan. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = -0.233 + 0.454X1 + 0.142X2 + 0.324X3 – 0.058X4 + 0.215X5 viii Kepuasan pasien dilambangkan dengan Y, bukti nyata dilambangkan dengan x1, kehandalan dilambangkan dengan x2, daya tanggap dilambangkan dengan x3, jaminan dilambangkan dengan x4, empati, dilambangkan dengan x5. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan hanya variabel bukti nyata dan daya tanggap terbukti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Sedangkan variabel kehandalan, jaminan, dan empati tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kemudian melalui uji F diketahui bahwa variabel bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Nilai Adjusted R Square yang diperoleh adalah 0.746 ditafsirkan bahwa kualitas pelayanan memengaruhi kepuasan pasien sebesar 74.6% dan 25.4% lainnya dipengaruhi oleh faktor selain kualitas pelayanan. Disarankan bagi manajemen RSJPDHK untuk mempertahankan kualitas pelayanan pada dimensi bukti nyata dan daya tanggap sehingga kepuasan pasien tetap terjaga, meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan dan empati kepada pasien, serta memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi jaminan dengan sebaik mungkin. Kata kunci: Kualitas pelayanan, bukti nyata (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), kepuasan pelanggan


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Skripsi 2016) 099 SMPP 2016
099512016
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
099 SMPP 2016
Penerbit
Jakarta : STIA LAN., 2016
Deskripsi Fisik
80 hlm. : 28 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1321000121
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi 2016
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
MUHAMMAD YUSUF
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

NPP: 3171072C0000001

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?