PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA

Online Public Access Catalogue (OPAC)

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tesis

Pengaruh Perencanaan Dan Sistem Jaringan Jalan Terhadap Implementasi Kebijakan Pengembangan Wilayah Di Kota Tangerang

Saiful Anwar - Nama Orang; Hamka - Nama Orang;

wilayah Tangerang dalam pola tata ruang wilayah skala nasional, provinsi dan jabodetabek. Jaringan jalan memiliki fungsi sebagai media yang memiliki kemampuan penyediaan akses kepada semua orang untuk bergerak dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Dalam dimensi yang lebih luas, jaringan jalan mempunyai peranan yang besar dalam pengembangan suatu wilayah, baik wilayah secara nasional, propinsi, maupun kabupaten/kota sesuai dengan fungsi dari jaringan jalan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh perencanaan dan sistem jaringan jalan terhadap implementasi kebijakan pengembagan wilayah di Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah metode kuantitatif dengan paradigma studi asosiatif kausalitas dengan pendekatan survei. Sampel adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pekerjaan Umum Bidang Bina Marga sebanyak 14 orang, Dinas Tata Kota Bidang Tata Ruang sebanyak 9 orang dan Bappeda sebanyak 7 orang, dan menggunakan teknik sampling jenuh.
Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Validitas dengan menggunakan korelasi product moment, Uji Reliabilitas dengan teknik split half, Uji Normalitas dengan metode liliefors, Uji Homogenitas dengan uji varians, Uji Multikolinieritas dengan spearman’s rho correlation, Uji Linieritas dengan analisa regresi linier. Pengujian hipotesis penelitian satu persatu variabel bebas menggunakan analisis regresi sederhana dan untuk menganalisis dua variabel bebas sekaligus dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian dari hasil kuesioner yang disebarkan sebanyak 30 responden dan kembali 100% memiliki tingkat persetujuan tentang implementasi kebijakan pengembangan wilayah sebesar 71,80%, perencanaan jaringan jalan sebesar 76,40% dan tentang sistem jaringan jalan sebesar 73,33%. Setelah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, instrumen penelitian yang valid diuji reliabelitasnya dan diperoleh instrumen yang valid dan reliabel. Uji analisis dengan menggunakan asumsi klasik dilakukan dalam model regresi pada variabel-variabel untuk menjelaskan efisiensinya. Uji normalitas dengan metode liliefors menyatakan bahwa variabel dalam penelitian ini terdistribusi normal. Uji homogenitas dengan uji varians menyatakan bahwa penelitian ini variabelnya memiliki karakteristik yang sama. Uji multikolineritas dengan spearman’s rhocorrelation meyatakan bahwa multikolinieritas variabel dalam penelitian ini tidak menjadi permasalahan yang penting. Dan uji linieritas dengan analisa regresi linier menyatakan bahwa model linier diterima dan tidak perlu mencari model lain.
Berdasarkan hasil pengujian parameter secara parsial yaitu: a). Perencanaan jaringan jalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi kebijakan pengambangan wilayah di Kota Tangerang, b). Sistem jaringan jalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi kebijakan pengambangan wilayah di Kota Tangerang. Dan pengujian parameter secara simultan yaitu: a). Perencanaan jaringan jalan berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap implementasi kebijakan pengembangan wilayah di Kota Tangerang, b). Sistem jaringan jalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi kebijakan pengembangan wilayah di Kota Tangerang, dan c). Perencanaan dan sistem jaringan jalan berpengaruh positif, dan hanya sistem jaringan jalan yang signifikan, sedangkan perencanaan jaringan jalan tidak signifikan terhadap impementasi kebijakan pengembangan wilayah di Kota Tangerang.
Berdasarkan hasil tersebut maka dalam menentukan skema perioritas perencanaan dan sistem jaringan jalan dalam rangka implementasi kebijakan pengembangan wilayah di Kota Tangerang, sesuai dengan amanat Undang- undang nomor 38 tahun 2004 tentang Jalan, Pemerintah Kota Tangerang harus menyusun dokumen perencanaan terkait penanganan jaringan jalan.

Kata Kunci: Perencanaan jaringan jalan, sistem jaringan jalan, implementasi kebijakan pengembangan wilayah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta (Tesis 2014) 197 TMPD 2014
197522014
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
197 TMPD 2014
Penerbit
Jakarta : STIA LAN Jakarta., 2014
Deskripsi Fisik
126 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
13.TD.031
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tesis 2014
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Saiful Anwar
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN POLITEKNIK STIA LAN JAKARTA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

NPP: 3171072C0000001

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?