Tesis
Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Kompetensi Pegawai Terhadap Pelayanan Pubik di Unit Pelayanan Statistik Terpadu Badan Pusat Statistik
Pelayanan publik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh aparat pemerintah, penyelenggara negara atau pemerintah dalam bentuk barang dan jasa, sifatnya langsung maupun tidak langsung sesuai dengan peraturan perundangundangan. Gambaran tentang kinerja pelayanan pada unit Pelayanan Statistik Terpadu (PST) berdasarkan persepsi pengunjung, dituangkan dalam indeks kepuasan masyarakat (IKM). Pengujian hipotesis menggunakan model regresi linier berganda, dan selanjutnya dilakukan verifikasi dan konfirmasi dengan menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai IKM sebesar 76,80 yang berarti mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan termasuk kategori baik. Persamaan regresi linier berganda antara pelayanan publik (Y) dengan teknologi informasi dan komunikasi atau TIK (X 1 ) dan kompetensi pegawai (X ) di unit PST adalah 0, 32Y 20, 82 9X 0 7X0 , 50 . Persamaan ini menunjukkan bahwa peningkatkan pelayanan publik akan tercapai apabila TIK dan kompetensi 12 pegawai ditingkatkan. TIK dan kompetensi pegawai dapat menjelaskan keragaman pelayanan publik sebesar 73,3 persen. Selebihnya dijelaskan oleh variabel lain sebesar 26,7 persen. Dukungan TIK dan peningkatan kompetensi pegawai terutama di unit PST sangat dibutuhkan dalam peningkatan pelayanan publik. Dalam hal ini perkembangan TIK, juga harus didukung dengan pengembangan SDM yang terencana dengan baik agar kompetensi pegawai meningkat sesuai dengan kebutuhan internal organisasi dan juga dapat memenuhi tuntutan eksternal.
Tidak tersedia versi lain